Rabu, 24 Oktober 2012

masalah pendidikan Indonesia


MASALAH PENDIDIKAN INDONESIA

            Bangsa yang hebat adalah bangsa yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan memiliki daya saing yang tinggi. Pendidikan merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Hal ini dapat kita lihat dari realitas yang berkembang sekarang ini bahwa pendidikan seseorang sangat berpengaruh terhadap daya pikir dan tingkat kesejehteraan seseorang. Tetapi yang membuat kita bertanya-tanya sudahkah seluruh rakyat bangsa ini memeperoleh pendidikan yang layak ? 
Guru profesional dan bermartabat menjadi impian kita semua karena akan melahirkan anak bangsa yang cerdas, kritis, inovatif, demokratis, dan berakhlak. Guru profesional dan bermartabat memberikan teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat. Sertifikasi guru mendulang harapan agar terwujudnya impian tersebut. Perwujudan impian ini tidak seperti membalik talapak tangan. Karena itu, perlu kerja keras dan sinergi dari semua pihak yakni, pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, dan guru.
Pendidikan sekarang ini hanya dimanfaatkan oknum-oknum yang hanya ingin mencari kekuasaan bahkan pendidikan dicampur adukan dengan dunia politik. Hal ini sudah tidak wajar karena sudah melenceng jauh dari cita-cita awal pendidikan bangsa ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa bukan malah menyengsarakan dan membodohi rakyat.
Pendidikan menjadi lahan subur bagi mereka yang tidak punya hati nurani hanya untuk memperkaya diri mereka sendiri tanpa belas kasihan melihat anak-anak terlantar, anak-anak jalanan, pengamen yang harusnya memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bukan di usia yang masih belia dan produktif ini harus mencari uang hanya untuk sesuap nasi. Padahal, dalam benak mereka pasti memiliki keinginan yang besar untuk bisa memperoleh pendidikan yang layak. Apakah ini cerminan keadilan pendidikan di Negeri Indonesia ? 

Cerminan Pendidikan
Pendidikan bangsa Indonesia sekarang ini sangat memprihatinkan banyak kasus-kasus yang terjadi di setiap penjuru negeri tanpa ada perhatian khusus dari pemerintah. Bahkan, pemerintah cenderung pasif dalam menangani kasus ini ini. Mereka malah bertele-tele mengembangkan sistem pendidikan yang tidak tahu arahnya. Padahal di daerah-daerah terpencil banyak masalah-masalah utama dalam pendidikan yang harus ditangani seperti gedung yang roboh, kekurangan tenaga pengajar, akses jalan yang sulit serta buku-buku yang menunjang berjalanya pendidikan. Akan tetapi, pada kenyataanya pemerintah hanya pasif dan tidak ada tindakan yang pasti untuk menyelesaikan masalah ini.
Dan yang paling memprihatinkan dari pendidikan bangsa Indonesia saat ini adalah ketika para putra putri bangsa berjuang mati-matian untuk memperoleh pendidikan yang layak banyak oknum yang dengan tega melakukan tindakan korupsi hanya untuk keperluan pribadi semata. Dana anggaran pendidikan yang dialokasikan untuk pendidikan malah tidak digunakan sesuai sasaran tujuan pendidkan.
Pendidikan bagaikan ladang uang bagi mereka yang ingin memperkaya diri. Bahkan, pendidikan sekarang ini lebih cenderung masuk dalam ranah dunia politik. Proyek RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) yang digadang-gadang dapat meningkatkan kualitas pendidikan bangsa ini malah menjadi masalah yang baru bagi dunia pendidikan Indonesia karena sampai saat ini belum ada penyelesaiaan yang benar-benar menguntungkan rakyat.
 Selain itu, sistem pendidikan yang digunakan dalam proses pendidikan masih banyak mengalami masalah baik dalam proses sosialisasi maupun dalam proses pelaksanaanya sendiri. Hal ini diakibatkan kurang adanya kerjasama antara lembaga-lembaga pendidikan dengan tenaga pengajar yang solid dan terbuka sehingga dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan harapan yang hendak dicapai dari tujuan sistem pendidikan yang diterapkan.

Pahlawan Pendidikan
Dari berbagai masalah-masalah yang muncul dalam dunia pendidikan tersebut, guru sangat  berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan ini karena guru merupakan komponen penting dalam setiap pembelajaran terhadap peserta didiknya. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan sikap dan mental generasi muda sekarang agar nantinya mempunyai jiwa nasionalis yang tinggi serta tidak terpengaruh dengan kebudayaan korupsi yang sedang merebak kalangan pejabat negeri ini.
Guru merupakan pahlawan pendidikan  masa kini yang nyata. Musuh terbesar mereka bukanlah penjajah yang membawa senjata lengkap dan modern tetapi pada penjajahan moral yang sekarang ini melanda negeri Indonesia tercinta ini. Bahkan, guru dianggap sebagai ujung tombak dalam pembangunan pendidikan nasional. Utamanya dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal.
Di Hari Pendidikan Nasional ini marilah kita bersama-sama berpartisipasi bagi kemajuan pendidikan nasional agar kelak bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki generasi-generasi yang memiliki jiwa dan mental pancasila yang jauh dari praktek-praktek kotor korupsi.


Bagus Mahardhika, Pemerhati Pendidikan, Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang.

NAMA  : Arwan eka N
NPM     : 21412179
KELAS : 1ico1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar